JUAL POHON PURING TERANG BULAN | TANAMAN HIAS


PURING TERANG BULANPURINGPuring merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini pertama kali diberi nama oleh penemunya yang berasal dari Belanda pada tahun 1690 oleh G.E Rumphius. Rhumpius memberi nama Codiaeum pada tanaman ini. Pada tahun 1762 Carl Von Linne memberi nama populer pada tanaman ini dengan nama Croton (Rahma, 2009).
Codiaeum variegatum adalah nama ilmiah yang di berikan oleh penemunya G.E Rumphius pada tahun 1628 – 1702 yang merupakan seorang berkewarganegaraan Belanda dan lahir di jerman. Tanaman ini bercirikan warna daun yang tidak hijau rata tetapi cenderung variegeta yang kemudian di deskripsikan variegatum. G.E Rumphius menemukan sekitar sembilan jenis puring dan menamakannya Codiaeum (Budiarto,2007)
Puring merupakan salah satu famili Euphorbiaceae. Tanaman asli Maluku ini di temukan 400 tahun yang lalu, dan di kenal dengan tanaman penghias makam di pulau Jawa, sedangkan di Indonesia Timur tanaman ini di kenal dengan tanaman penghias halaman rumah. Puring merupakan tanaman yang mempunyai variasi jenis yang unik. Banyaknya jenis selain spesies asli di karenakan terjadinya penyilangan-penyilangan yang di lakukan oleh manusia maupun oleh serangga. Keragaman juga dapat di akibatkan karena adanya mutasi pada tanaman (Budiarto, 2007)
Puring merupakan salah satu tanaman daun yang cukup popular di kalangan penggemar tanaman hias. Daya tarik puring antaranya adalah pada corak, warna dan bentuk daunnya yang sangat bervariasi. Tanaman yang sangat menyukai sinar matahari ini akan menampilkan daun yang lebih cemerlang apabila di letakkan ditempat terbuka yang mendapat sinar matahari penuh (Purwanto, 1999).
Beragam variasi daun yang di miliki puring merupakan salah satu keunggulan tanaman ini. Hal ini memungkinkan di buatnya silangan-silangan baru. Kebanyakan puring hibrida yang banyak di buru adalah yang memiliki warna daun lain dari biasanya. Ada juga yang menyukai bentuk daun dengan corak yang menyimpang dari spesiesnya (Purwanto,1999).
Setiap bangsa memiliki kesukaan yang berbeda-beda terhadap warna, corak dan bentuk puring. Thailand menyukai jenis-jenis seperti turtleback dan apple, sedangkan Belanda menyukai daun oval yang besar. Indonesia dan India lebih suka pada jenis yang berdaun lebar dan besar. Jenis-jenis seperti kipas dewa, vinola bangalore, tongue fire dan red dragon banyak di cari di Indonesia (Budiarto, 2007).
Pesan sekarang
ARIF
Telp : 0813-6660-5104 08588-1144-323
Email: arif_tamanminimalis@yahoo.com

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar